Sabtu, 29 Oktober 2011

KULINER KHAS PURWODADI

Kuliner Khas Kota Purwodadi yang Belum Banyak Diketahui “Nasi Jagung Botok YUYU”, “Sayur Lompong + Lemi”
Warung makan Nasi Jagung
Selain Swike yang sudah terkenal sebagai ciri khas kuliner kota Purwodadi, ternyata masih banyak kuliner lainnya , seperti “Nasi Jagung Botok YUYU ” dan ,”Sayur Lompong + Lemi” .
Proses pembuatan Nasi Jagung cukup rumit, setelah di slap atau ditumbuk halus direndam selama 4 hari, setiap hari airnya diganti agar rasanya tidak kecut, baru kemudian ditanak selama kurang lebih 3 jam. Sedang botok yuyu dibuat dari yuyu sawah atau pinggir kali yang ditumbuk halus diberi bumbu botok kemudian direbus.
Menu kedua yang tidak kalah menariknya adalah Sayur lompong, dibuat dari batang lompong yang dipotong 5 cm panjangnya diberi bumbu bobor, disajikan dengan “lemi”, yaitu telur yuyu yang dioseng , ditambah tempe mendoan hangat duh nikmatnya. Minumnya segelas air teh panas , hujan hujan begini rasanya maknyos kembrobos , keringat keluar semua.




Sayur Lompong + Lemi + Mendoan
Menu Nasi jagung Botok yuyu bisa di lengkapi dengan Gudangan dan rica2 kelinci, sedang sayur lompong+lemi bisa ditemani dengan mendoan anget atau keripik Udang. Kedua menu tersebut menjadi makanan favorit masyarakat Purwodadi. Dan sekarang penggemarnya semakin meningkat.
Mereka yang pernah merasakan menu tersebut, bila lewat kota Purwodadi pasti mampir ke warung Nasi Jagung untuk menghilangkan rasa kangen dengan masakan tradisional tersebut.
Disamping ciri kulinernya yang khas , suasana warung yang sederhana, ac angin silir sepoi-sepoi, juga nggak masalah bila kaki mau dinaikkan sambil makan, karena berada dipedesaan, membuat pengunjung menjadi ketagihan. Dengan uang Rp.5.000,- sampai Rp.10.000,- sudah bisa dinikmati semuanya.
Di Purwodadi kebanyakan penjualnya masih ada hubungan famili atau tetangga dekat, karena ilmu memasaknya dari magang keinduknya. Di Danyang Purwodadi Selatan ada 4 warung yang paling enak tempatnya di Mbak Harsiti, tempatnya cukup luas bisa slonjor, meluruskan kaki.
salah satu warung Nasi Jagung di Danyang Purwodadi
Sedang di Jl Gajah Mada ditengah kota ada satu tapi tidak setiap hari buka . Warung Mbak Las.
Bila dari arah Semarang kota Purwodadi ada di sebelah Timur kota Semarang kurang lebih jaraknya 60 km, cukup 10 liter premium bisa sampai ke Purwodadi. Murah lagi bila sendiri naik bis dari terminal Penggaron Semarang , dengan Rp. 10.000, sampai Purwodadi, diteruskan pakai ojek Rp.5000,- sudah bisa menikmati Kuliner khas Purwodadi.
Bila berencana jalan jalan ke Purwodadi selain bisa menikmati Kuliner Khas, ada objek wisata seputar Purwodadi yang cukup Menarik. Kurang lebih 15 km arah Timur, di desa Tawangharjo ada Masjid dan makam Ki Ageng Selo, terkenal bisa menangkap petir, dan Bledug Kuwu. Di arah Utara ada Goa Macan . Di arah Selatan ada Wisata

Waduk Kedung ombo atau lebih Selatan lagi ada Gunung Kemukus.
Silahkan menikmati Holiday anda. Salam holiday.

2 komentar:

  1. sego jagung paling joss, dadi pengen mulih,,,..,,,

    http://duduwekwek.student.ipb.ac.id/

    BalasHapus